Se’i Babi Cinta Setia

seporsi se'i babi cinta setia lengkap dengan tumis bunga pepaya

seporsi se'i babi cinta setia lengkap dengan tumis bunga pepaya

Se’i adalah salah satu makanan khas di daerah sini, daging olahan siap santap yang matang karena proses pengasapan, jadi sebenernya, se’i ini ya daging asap.

Alkisah *tsah* dahulu kala se’i secara eksklusif ditujukan untuk mengawetkan daging rusa.Lama kelamaan karena rusa makin sedikit populasinya , sehingga makin sulit pula untuk mendapat pasokan daging rusa segar sebagai bahan mentah se’i, orangpun mulai melirik daging sapi untuk dijadikan se’i dan beberapa tahun terakhir malahan daging babi.

Keberadaaan se’i babi mulai menggeser kepopuleran se’i sapi dan (apalagi ) se’i rusa di kota yang  penduduknya dihalalkan mengkonsumsi “sapi ceper” ini.

Cukup senang dengan pergeseran trend ini, karena mendukung konservasi populasi Cervus timorensis yg terancam punah. Lagi pula pernah nonton film Bambi kan? Ga tega kali ya kalo  membayangkan kelucuan Bambi sementara di hadapan kita tersaji seporsi  se’i rusa?

Sebagai permulaan cobalah mencicipi salah satu sajian se’i di kota ini, namanya Se’i Babi Cinta Setia.

Sepuluh ribu perak cukup untuk menebus seporsi Nasi se’i lengkap. Ini berarti seporsi nasi putih,sei babi dan sayur yang amat khas yaitu tumis bunga pepaya. Tambahan 5000 perak membuat kita mendapat semangkuk kecil sup brenabon hangat berkaldu daging babi yg gurih.

Daging se’i nya gurih dan empuk dengan aroma asap, garing di pinggirnya tapi masih juicy tengahnya.Tumis bunga pepayanya tidak terasa terlalu pahit, memang tidak hilang betul pahitnya tapi justeru sedikit nuansa pahit itu yang membuat nafsu makan bertambah dan sekaligus mengimbangi gurihnya potongan-potongan se’i. Teman setia se’i babi bertajuk cinta ini tentu saja sambal Lu’at. Sambal yang dibuat dengan mengulek  cabe rawit segar yang kecil yang super pedas dengan campuran garam dan jeruk asam, kadang diperkaya potongan paria mentah. Jadinya adalah sambal yang pedas dan asam yang sangat mudah membuat anda ketagihan.

Oya anda bisa menikmati Se’i Babi Cinta Setia di dekat jembatan Oesapa,kelurahan Oesapa,Kota Kupang,Nusa Tenggara Timur. Sebagai catatan kecil Oe itu dibacanya seperti “Owe” dalam kata bahasa jawa ” Kowe”. Oe secara sederhana diterjemahkan sebagai air dalam bahasa Indonesia.

5 Responses

  1. KANGEN KUPAAAAAAAAAAAANG! HIKS

  2. SEPULUH RIBU AJA???
    sementara disini teh terikk nya aja udah segitu, huhuhu….
    aduh itu Lu’at,. jigana to die for euy ;(

  3. aduh… ini se’i ..memang… enak… banget…

  4. wah…lapar!

  5. barusan nyobain se’i babi. juaraaa!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: