Lima Serangkai

Lima Serangkai merupakan sebutan untuk keanekaragaman marga dalam budaya Batak Karo. Sebutan ini digunakan sebagai nama oleh sebuah restoran yang terletak di Jalan Suci, Bandung. Restoran ini merupakan restoran makanan khas Batak Karo yang paling terkenal di Bandung.

Rumah Makan Lima Serangkai

Beberapa hari lalu saya sedang berada di Jalan Suci untuk mengurus perpanjangan paspor di kantor imigrasi. Jadilah saya makan siang di restoran ini. Sudah sangat lama tidak makan di Lima Serangkai. Rindu rasanya mengingat masa tingkat pertama di kuliah sering makan di sini.

Menu yang paling terkenal di restoran ini adalah Babi Panggang. Sebenarnya menu-menu masakan Karo sangat beragam tapi entah kenapa yang paling disukai adalah Babi Panggang Karo. Menu ini sederhana, hanya terdiri dari daging babi dipanggang, sup, sayur singkong yang dihaluskan, serta bumbu sambal yang dibuat dari darah babi.

Babi Panggang Karo

Mungkin beberapa orang tidak bisa memakan bumbu sambal ini karena larangan kesehatan, alergi, atau larangan kepercayaan. Meski demikian rumah makan ala Karo umumnya menyediakan sambal cabai tumbuk biasa. Jadi jangan terlalu takut untuk mampir di rumah makan Karo.

Selain dari menu Babi Panggang Karo, rumah makan ini juga menyediakan menu lain seperti Sosis Babi dan Arsik Ikan Mas. Karena saya datang sendiri, saya tidak memesan beberapa menu lain. Tapi kedua menu itu sangat saya rekomendasikan jika anda mampir ke sini.

Saat saya datang ke sana kemarin, saya cukup kaget karena yang sedang makan di sana datang dari banyak etnis. Mungkin saat itu saya sendiri yang orang Karo. Oleh karena itu saya yakin menu ini masih bisa diterima oleh lidah non Karo. Oh ya, untuk anda yang datang dari daerah Tanah Karo dan sekitarnya akan saya beri sedikit peringatan. Rasa babi panggang di restoran ini (atau di Bandung secara umum) agak berbeda dengan yang ada di tempat asalnya. Bumbu yang digunakan sedikit lebih manis dan tidak sepedas yang biasa saya rasa di sana. Jadi jangan kaget.🙂

Sirup Markisa

Terakhir, saya merekomendasikan sebuah menu minuman yang sangat saya sukai yakni sirup markisa. Sirup markisa di sini sepertinya didatangkan langsung dari Sumatera Utara sana. Dan mereka juga sepertinya menjual sirup markisa dalam bentuk botol sehingga bisa anda sajikan di rumah.

Lokasi rumah makan ini dapat dilihat di sini.

6 Responses

  1. dibanding siagian sama satu lagi sebelahnya (lupa namanya), gw lebih suka ke sini.🙂

    • gundaling maksudnya?
      udah lama gak ke sana
      anyway, siagian kemaren udah ngeliat… tinggal puing-puing

  2. oh ya gundaling.
    EH Siagian tuh kebakaran ya? Baru tau loh gue.

  3. ah Okke kemana aja sih kok baru tau kebakaran🙂

    Pet Pet, darah babi nya oke banget ya🙂 tapi gua ga pernah suka sopnya ….

    astaga ini blog bertiga doang aja ya, yang ngisi dan yang komen, hihihi….

    hayuk Dunia Baru !!!

  4. Bukanya dari jam berapa?

  5. resep makanan batak dari babi yang dikasih darah babi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: